menuju sarjana: semua itu hanya sebuah proses yang harus dinikmati :) [part 2]

21:46



                Tahap pertama yaitu Kolokium. Saya kolokium tanggal 24 Januari 2012, pukul 13.30 WIB. Dalam kolokium ini saya dihadapkan oleh 3 dosen, yaitu dosen moderator, dosen pembahas, dan dosen pembimbing dengan ditonton oleh teman-teman satu angkatan. Kolokium adalan kali pertama saya mempresentasikan hasil karya saya sendiri (pada saat kuliah biasanya berkelompok), sehingga saya merasa sangat tegang dan hari-hari menuju kolokium itu rasanya ga tenang (sebenernya khawatir takut gabisa jawab pertanyaan :p). Tapi alhamdulillah kolokium berjalan lancar, dan dosen pembahas kebanyakan mengoreksi mengenai format penulisan (berhubung dosennya merupakan master of TPI :))

Kolokium bareng teman sebimbingan (Al & Fariz)
                Tahap kedua yaitu penelitian. Sebelum penelitian, ada yang harus dilakukan, yaitu membuat surat izin ke perusahaan melalui departemen, dan izin pengambilan data ke dinas-dinas terkait. Setelah mendapatkan izin, akhirnya saya mendatangi perusahaan yang saya ambil menjadi topik skripsi, yaitu PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL). Di PT KDL saya hanya diizinkan selama 2 minggu untuk mengambil data, dan itu sangat sebentar untuk saya, karena ada data yang harus diambil selama 10 hari sekali selama 4 kali, jadi membutuhkan waktu selama 30 hari dan data tersebut harus langsung diukur di laboratorium. Karena hal tersebut, dalam penelitian ini saya harus bolak-balik Banten-Bogor cukup sering, selain itu karena dosen pembimbing menyuruh saya untuk menjadi asisten mata kuliah Desain Penanaman Lanskap, jadwalnya adalah seminggu sekali (hari Senin pagi). Hal ini membuat saya berkorban waktu, tenaga, dan biaya. Lima jam perjalanan Bogor-Banten dalam kurun waktu yang cukup sering membuat berat badan saya menurun (udah kurus, tambah kurus :(). Namun, setelah data sudah terkumpul saya tidak perlu bolak balik lagi, stay di Bogor untuk melanjutkan tahap selanjutnya, yaitu merapikan data kemudian mengolahnya dan menuliskannya dalam skripsi.

Tempat Penelitian: PT Krakatau Daya Lisrik Cilegon Banten
                Tahap ketiga yaitu menulis skripsi. Tahapan ini sebenarnya muidah, tapi untuk membangkitkan mood untuk memulai menulis itu sungguh berat bagi saya. Namun, setelah saya pikir-pikir, kalau mau nunggu mood, kapan saya bisa lulus? Akhirnya saya paksakan untuk memulainya. Saya mulai menulis kira-kira di bulan April 2012, dan baru berani menghadap dospem di bulan Mei 2012. Saat itu saya bingung, apakah harus nge-draft seluruh bab atau per bab. Akhirnya saya putuskan untuk per bab saja, dan ternyata metode saya ini cukup ampuh, karena setiap tahapan dalam menulisnya (inventarisasi-analisis-sintesis) selalu ada perbaikan yang akan berpengaruh ke bab selanjutnya, jadi kalau nge-draft seluruh bab salah dibagian awal maka semuanya harus diubah. Akhirnya setelah nge-draft selama 3 bulan, dospem mengeluarkan kata-kata saktinya, “Desi skripsi kamu ini sudah selesai, jadi buat makalah seminar, tanggal 9 Agustus 2012 kamu maju seminar.” Rasanya saat itu antara senang dan bingung, senang karena sebentar lagi skripsi saya bakal rampung, bingung karena mendadak dan agak ga siap juga. Tapi sudah ditantang seperti ini saya harus maju!

                Tahap keempat adalah seminar. Saya seminar tanggal 9 Agustus 2012, pukul 09.00 di Ruang Seminar ARL level 6 dengan dosen moderator Bu Tati dan Dosen Pembahas Pak Ian. Taukah kamu, rasanya seminar? Seminar di bulan puasa, dan merupakan seminaris pertama di angkatan sendiri? Pontang panting banget sibuk nyiapinnya. Terus terang persiapan seminar adalah persiapan paling rempong , harus nyebar undangan ke dosen moderator, dosen pembahas, dan dosen pembimbing, membuat ppt serta harus latihan persentasi hanya dalam waktu seminggu.  Emm, sama nyari kostum juga ribet (tetep ya wanita, harus siap banget buat perform :D). Pas hari-H seminar ya, Alhamdulillah gak se-tegang saat kolokium, lancar dan yaudah berjalan gitu aja heu. ALHAMDULILLAH banget lah pokoknya
Foto bareng ARL di spanduk kebanggaan buat arl 45 yang lulus seminar, dan this is the first time :)

Tahapan yang ditunggu-tunggu adalah SIDANG. Saya sidang tanggal 10 September 2012, pukul 13.00 di Ruang Sidang ARL , dengan dosen penguji Pak Ian dan Pak Setia Hadi. Jeda waktu seminar dan sidang saya berjarak sebulan, seharusnya bisa kurang dari itu karena tidak ada revisi seminar, namun karena libur lebaran selama 2 minggu jadi lah saya sidang tanggal segitu. Kocaknya adalah, saat saya hanya mau silaturahim bertemu dospem setelah lebaran, eh malah ditodong disuruh sidang, padahal ngasih draft lengkap aja belum, dan hari itu pula saya disuruh mendaftar sidang ke komdik. Tau, rasanya menunggu hari sidang? Rasanya bingung coy, dan galau dikit. Hahaha. Tapi anehnya pas hari-H sidang saya gak ngerasa deg-degan sama sekali, santai banget, karena saya ngerasa pede, skripsi bikinan saya sendiri, ngapain mesti takut kan? Dan benerkan didalam ruang sidang saya cuma diajak ngobrol dan diskusi sambil mikir aja. Haha. ALHAMDULILLAH sidang berjalan lancar banget, saya dinyatakan LULUS beroooo LULUSSS :)))))
after sidang :)

Tahap selanjutnya revisi, dan Alhamdulillah cuma revisi sekali sudah boleh cetak dan perbanyakan. Kini, kamu-kamu bisa mengunduh skripsi saya di repository.ipb.ac.id.
penampakan skripsi saya

Ah.. dapet SKL tanggal 27 September 2012, harus nunggu wisuda tanggal 27 Februari 2013, tepat 5 bulan penantian kalau begitu. Eh tapi pas Januari 2013, liat ini niiih….
web fakultas pertanian IPB
ini nih yang bikin senyum :)


SENYUUUUM LEBAAAARRRR ;)
Sekian cerita kuliah saya, semoga bermanfaat dan menginspirasi kamu-kamu semua

You Might Also Like

1 comments