Persiapan Walimah ituuu... ga serempong yang dibayangkan ko!

13:58

Assalamu'alaikum..

Akhirnya saya membuka blogger lagi untuk menuliskan cerita yang dulu pernah dijanjikan, hehe.
Yap, sudah hampir setahun menikah tapi baru sempet dan mood untuk memulai nulis lagi sekarang nih. Intinya sih pengen berbagi pengalaman aja gimana nyiapin walimahan kemarin. Soalnya dulu waktu nyiapin walimahan pun bingung, harusnya mulai darimana, apa aja yang dipersiapkan, dsb. Nah salah satu cara saya waktu itu ya browsing-browsing dari blog orang lain. Jadi, sekarang giliran saya yang berbagi pengalaman buat kamu-kamu yang lagi mempersiapkan hari bahagia, yang insya Allah sekali seumur hidup yaaa. aamiin

we are enjoying our wedding :)
Dalam agama islam, walimahan atau resepsi pernikahan ini hukumnya wajib, Rosulullah SAW bersabda, "Untuk satu pengantin---dalam riwayat lain: sepasang pengantin---harus diadakan walimah." (HR. Ahmad, Thabrani, ath-Thahawi & Ibnu Syakir). Walimah juga dilaksanakan sebagai upaya untuk mengumumkan pernikahan kepada khalayak, sebagaimana Rosulullah SAW sampaikan bahwa "Rahasiakanlah pinangan dan umumkanlah pernikahan!" (HR. Thabrani). Jadi, clear ya, walimahan itu memang wajib dilaksanakan. Selanjutnya akan kita bahas adalah apa aja yang mesti dipersiapkan untuk walimah.

Pertama, siapkan calon suami/istri dulu ya, kalo ga ada ya ngapain walimahan hehe.. Kalau udah ada calonnya, bikin daftar apa aja yang mau disiapkan dan kalau calonmu mau ikut repot atau ga terima jadi, harus diskusi bareng nih! Jadi, apa aja nih?
1. Mahar & Cincin Pernikahan
2. Seserahan
3. Undangan
4. Souvenir
5. Dekorasi & Rias Pengantin
6. Makanan/Catering
7. Foto & Video

Kita bahas satu persatu ya..


MAHAR & CINCIN PERNIKAHAN
Saya satukan mahar dan cincin pernikahan, karena biasanya mahar berupa perhiasan, dan cincin adalah perhiasan yang menjadi simbol pernikahan. Ya walaupun sebenarnya dalam agama islam tidak ada kewajiban untuk menjadikan cincin sebagai simbol pernikahan. Jadi, saya dan calon suami sepakat, cincin masuk ke dalam hitungan mahar supaya menghindari kekhususan cincin sebagai simbol yang wajib ada untuk pernikahan. 
Besarnya mahar ini biasanya tergantung dari budaya/kebiasaan dari masing-masing daerah atau keluarga. Alhamdulillah, keluarga saya menyerahkan saja pada saya, dan saya pun menyerahkan saja pada calon suami sesuai dengan kemampuannya, karena dalam agama islam pun dianjurkan untuk meringankan mahar dalam pernikahan. Dari Ibnu ‘Abbas, dari Rosulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik wanita ialah yang paling mudah (ringan) maharnya." (diriwayatkan dalam Majmuu’ Fatawaa Ibni Taimiyyah XXXII/192.) Jadi, buat islam, pernikahan itu ya dipermudah lah, jangan jadikan mahar yang tinggi sehingga para pria yang belum mapan tidak bisa menikahi wanita karena syarat mahar yang sulit.
Jadi pada pernikahan saya kemarin, mahar yang diberikan beberapa perhiasan dan cincin pernikahan yang sepasang dengan calon suami saya dengan pemilihan material emas putih untuk saya, dan perak untuk calon suami saya. 

SESERAHAN
Seserahan ini menurut saya adalah budaya yang melekat pada daerah. Semacam pemberian hadiah dari keluarga mempelai pria kepada mempelai wanita. Entahlah ada berapa item yang wajib untuk seserahan ini, tapi pengalaman saya kemarin yaitu:
1. Perlengkapan shalat (mukena, sajadah, dan Al-Qur'an): saya beli online di Shabby Mania
2. Pakaian (formal, casual, dan baju tidur serta pakaian dalam): saya beli di beberapa Mall, lupa detailnya
3. Sepatu: saya beli di Yongki Komaladi
4. Kosmetik: baiknya beli yang biasa dipakai aja. saya beli di Dan-dan (kosmetik wardah, lulur) dan beli di temen (kosmetik oriflame)
5. Perlengkapan mandi (handuk, sisir, sabun, shampo dsb): saya beli di beberapa toko
6. Buku-buku Parenting karya Fauzil Adhim; saya beli online di Surga Buku
7. Sprei & Bedcover: disediakan oleh keluarga calon suami
8. Tas, Dompet, dan Tempat HP handmade; saya beli di Madebyliebeloly
Nah, setelah semuanya tersedia, tinggal dihias deh di kotak seserahan. Kalau saya kemarin kotak seserahan dihias oleh adik ipar saya yang buka usaha ini, kalau kamu mau dibuatkan juga bisa order ke dia, nih alamat FB nya: Retno Purwanti
Saran saya untuk seserahan ini pastikan membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan tentunya pasti dipakai, misalnya perlengkapan shalat, mukenanya kan udah pasti kita pakai tuh, nah biasanya Al-Qur'an nya nih yang bakal ga kepake soalnya udah punya mushaf yang udah biasa kita pake sehari-hari. Kalau kaya gitu kasusnya, mendingan mushaf nya ga usah beli, mukena aja, atau bisa juga mushaf tetap dibeli tapi yang bisa melengkapi mushaf yang biasa kita baca, misal qur'an tafsir atau terjemahan (yg bisa digunakan untuk tadabbur ayat) atau yang lengkap dengan tajwid (bisa untuk tahsin). Atau boleh juga dibeli tapi diwakafkan untuk masjid-masjid, kan lumayan jadi ladang pahala :)


keluarga seserahan di atas ranjang pengantin, ini pengantinnya bobok dimana weeh :v

UNDANGAN
Nah, undangan nih yang paling seruuu, karena saya dan calon suami adalah seorang visual alias passion di bidang ilustrasi, desain dan sebangsanya, jadi paling seneng ngurusin yang ini. Awal bikin desain undangan yang pasti adalah kepengen pake konsep apa, bagusnya desainnya juga seragam dengan konsep dekorasi dan rias walimahannya juga, terus, cari-cari referensi (di Pinterest keren-keren tuh!). Abis ituu, yak eksekusi deh ke dalam desain undangan. Nah, pengerjaan desain waktu kemarin tuh lumayan seru juga, soalnya saya dan calon suami ga ketemu secara langsung buat ngediskusiin konsepnya, alhasil jadinya saya yang mulai buat draft desain undangannya, kemudian dikirim via email terus si doi ngelengkapin dengan desainnya dia, so hasilnya begini dehh:

Desain Isi Undangan (1 lembar bolak balik print kemudian dilipat dua)

Desain Amplop Undangan (ukuran 16x16 cm)
Alhamdulillah, yaah lumayan lah ya, hasil kerjasama pertama kalinya buat pasangan seperti kita yang ga pacaran ini :D (bangga banget dong no pacaran until akad hihi, pacarannya abis nikah jauh lebih seru dan berkah, ya ga? :)). Eh.. eh.. kalau ada yang tertarik dengan hasil desain undangan pernikahan kita, dan kepingin dibikinin juga, bisa banget loh, liat-liat aja dulu di IG jasa desain kita, disini nih ---> desiadesign abis itu hubungin kontak yang ada di situ (sekalian promosi, hihi)

Oia, untuk undangan cetak ini, kalau mau bikin desain sendiri, harus mempertimbangkan template dan bahan kertas undangannya kaya gimana, biar disesuaikan dengan budget kita. Nah, enaknya kalau bisa bikin desain sendiri ya ga perlu bayar jasa desainer deh, tinggal cari-cari percetakan yang murah meriah tapi ga murahan lah yah.. Pengalaman saya kemarin, saya cetak di kertas jasmine, soft cover dengan amplop dan 1 lembar undangan lipat berukuran 16 x 16 cm seharga Rp 3.500,-/pcs sudah dengan bungkus plastik dan ucapan terima kasih untuk souvenir. Percetakannya di daerah Cibanteng, Dramaga, Kab. Bogor (dekat dengan IPB Darmaga), nama nya Zahra Printing. Alhamdulillah hasil cetaknya baguuus banget, sesuai harapan :'). Oia, pengerjaan cetaknya lumayan cepet loh, cuma seminggu jadi padahal dulu saya cetak 1000 pcs :D

SOUVENIR
Adanya souvenir di list persiapan walimah itu cukup membuat bingung, karena saya dan calon suami kepengen tamu yang datang ke walimah kita bisa bawa oleh-oleh yang berkesan dan bermanfaat. Kala itu memang terbatasi dengan minimnya budget hihi. Jadi, saya yang tidak mau bercapek-capek ria muterin pasar souvenir, jadi mulai browsing souvenir murah secara online di buka lapak, tokopedia dsb. Akhirnya menemukan souvenir yang pas, elegan, murah, tapi ga murahan, yaitu pouch batik seharga Rp 1.000,-/pcs, beli di Tokopedia (tokonya di souvenirsaripul). Kenapa pouch? karena menurut saya, barang ini bisa digunakan sebagai wadah apapun, tempat hp, uang, hardisk, kosmetik, dsb, cukup berguna kan? Nah, selain pouch, saya dan calon suami pun ingin menambahkan souvenir yang bisa sekaligus sebagai media dakwah supaya lebih berkah. Akhirnya kita memutuskan membuat stiker doa-doa harian dan hadits pernikahan dengan ilustrasi desain saya sendiri (lagi) :) Kalau dihitung-hitung, harga souvenir pernikahan kita kalau ditotal:
1. Pouch seharga Rp 1.000,- x 1.000 pcs = Rp 1.000.000,-
2. Stiker seharga Rp 450,- x 1.000 pcs = Rp 450.000,-
3. Pita dan plastik  = Rp 50.000,-
Total: Rp 1.500.000,- (untuk 1000 pcs), sehingga kalau dihitung per pcs, harga souvenirnya hanya Rp 1.500,- murah tapi ga murahan kan, dan insyaAllah bermanfaat yah.. Jadi ga usah muluk-muluk buat milih souvenir yah, yang penting kegunaannya, bukan gengsinya.
Aniway, buat souvenir ini lumayan menguras tenaga sendiri, karena keterbatasan waktu calon suami jadi semuanya saya yang urus sendiri, mulai dari pesan pouch, ngedesain stiker (ada 12 desain), beli perlengkapan buat bungkusnya (plastik dan pita), serta bungkus-bungkusnya pun sendiri :) eh tapi doi bantu ngeprint dan motongin stikernya deng hihi :D Alhamdulillah puas banget, dan ga ngerasa capek, malah dinikmatin karena excited banget bikin sesuatu untuk acara sendiri..

Paket Souvenir Pernikahan Kami (Pouch, Stiker, Pita, Kartu Trims)
Nah, ini yang udah dibungkus plastik, semuanya bungkus sendiri, murah meriah dan seru :D

DEKORASI DAN RIAS PENGANTIN
Dekorasi dan rias pengantin saya satuin karena biar ga ribet pake dua vendor yang berbeda, jadi saya pake vendor sekaligus satu. Dan saya kali ini gamau neko-neko, ga banyak cari tahu, saya cuma tanya ke teteh yang sudah pengalaman walimah tahun 2014 lalu. Alhamdulillah dikasih satu opsi vendor dan langsung sreg. Waktu itu saya lebih condong liat hasil dekornya sih, rias pengantinnya menyesuaikan (dan ini lumayan fatal, hehehe).

Saya bahas dekorasi dulu ya..
Untuk dekorasi saya memilih konsep outdoor, simple dan warna dominan white, saya ingin dapat kesan yang elegan, dan tentunya pemilihan warna putih yang menggambarkan kesucian dari pernikahan dan jauh dari kesan glamour dari walimahan kami, iya sederhana. Oiya, saya mengadakan walimahan di lapangan dekat rumah, jadi tidak ada list pemilihan gedung untuk walimahan.

Ini referensi dekorasi yang saya maksud, dan sukaa banget kesan simple nya dapet banget
Sumber: https://goo.gl/ICpvU6

Ini dekorasi pelaminan walimahan saya, yah lumayan lah ya mendekati referensi, hehe. kalau karpetnya hijau lebih mantap tuh, sayangnya tukang tenda gapunya karpet hijau, hihi

elemen dekorasi dekat pintu masuk

tampak depan dekorasi keseluruhan

tampak sudut dekorasi keseluruhan

photobooth

tampak samping dekorasi pelaminan

jalur masuk/keluar tempat walimah

welcoming area
Alhamdulillah untuk dekorasi saya puas, walaupun ga terlalu menikmati dekornya saat pernikahan, terlalu asyik di pelaminan sama doi (hahaha). oiya saya juga menambahkan beberapa pajangan di dekornya, tidak terlihat ya di foto-foto atas, soalnya foto-foto dekorasi oleh vendor dilakukan sebelum pemasangan pajangannya. Dan lagi-lagi, saya buat sendiri pajangannya, yaitu: foto kita berdua dari bayi hingga sekarang, ilustrasi komik yang isinya cerita saya dan dia mulai dari kenalan sampai dengan menikah, kolom ucapan dan doa untuk mempelai, dan ilustrasi wajah saya dan dia untuk welcome area.

komik our story -  kolom ucapan & doa - ilustrasi wajah - foto masa kecil hingga masa kini (ki-ka)
Oke, lanjut ke rias pengantinnya ya..
Sebenernya ini yang paling strict, karena saya ingin tetap berjilbab syar'i, tidak mencukur alis dan tidak menyambung bulu mata (no bulmat palsu) alias no tabbaruj deh. Saya cari-cari referensi pengantinnya, tapi tapi ah.. saya kecewa dengan hasil rias jilbabnya yang masih jauh dari syar'i (menurut mereka, syar'i itu yang penting menutup dada, padahal ga gitu), tapi alhamdulillah saya ga cukur alis dan ga pake bulmat palsu. Dan untuk gaunnya standar, tidak terlalu membentuk badan. Pemilihan gaunnya, karena walimah saya mulai dari pagi hingga malam, maka harus memilih tiga gaun, yaitu untuk pagi, siang, dan sore, saya memilih warna yang soft dan pastel. Bisa dilihat di foto yaa untuk rias pengantin dan gaunnya :)

pagi - siang - sore (ki-ka)

masing-masing gaun memberikan kesan yang berbeda kan :)
Alhamdulillah, walaupun masih jauh dari syar'i, setidaknya sudah berusaha yaa.. untuk dekorasi dan rias pengantin ini saya memilih vendor Griya Nganten, lokasi salonnya di daerah Taman Widya Asri, Ciracas, Serang. Buat yang lagi cari vendor dekorasi dan rias pengantin di Kota Serang, vendor ini lumayan recomended terutama dekorasinya yaa :D Ohiya, waktu itu biaya paket dekorasi (taman, photobooth, pelaminan, standing frame) dan rias pengantin (3 gaun pengantin, 2 gaun orang tua, 1 paket gaun keluarga/siblings, 2 pager ayu, 2 pager bagus) seharga Rp 18.000.000,- (tahun 2016)

MAKANAN/CATERING
Sebenarnya yang paling penting dan paling banyak menghabiskan budget dari walimahan adalah makanan untuk para tamu, dan ini semua yang ngurus orang tua (Alhamdulillah, very big thanks to my parents). Tipsnya biar ga kehabisan hingga tamu terakhir, mending pake sistem masak di tempat ya daripada catering yang langsung dibuatkan sesuai jumlah pesanan, jadi ketika kekurangan makanan tidak bisa disuplai lagi. Walimahan kita kemarin memakai sistem memasak di tempat, dengan meminta bantuan saudara-saudara terdekat. Oiya, pastinya selain buffet makanan berat juga disediakan gubuk-gubuk makanan kecil, seperti es krim, bakso, siomay, dan es kuwut. Alhamdulillah, seluruh tamu kebagian makanan, bahkan gubuk-gubuk makanan kecil masih ada hingga sore.

FOTO & VIDEO
Yang terakhir dan paling penting, percuma kalau kita walimahan udah dipersiapkan dengan sebaik mungkin, tapi ga ada memorinya sama sekali. So, memilih vendor untuk foto dan video ini juga sangat penting, tentunya pemilihannya tetap dengan kriteria murah tapi ga murahan yaa.. Dan alhamdulillah, setelah membandingkan kesana kemari, akhirnya dipilih Little Wing Picture untuk mengabadikan momen walimahan kita yang cuma sekali seumur hidup ini, hihihi. Buat kamu yang mau ngadain walimahan/pernikahan di daerah Serang, Cilegon dan sekitarnya, vendor ini sangat saya rekomendasikan, karena hasil kualitas foto dan videonya memuaskan dan harganya masih terjangkau dibandingkan vendor lain yang kualitasnya sama tapi harganya mahal. Waktu itu saya mengambil paket foto (album kolase, frame 24R, print foto ukuran 10R, 5R, file foto tak terhingga jumlahnya) dan video berdurasi 15 menit dengan harga Rp 3.400.000,-.

Beberapa hasil bidikan mereka:


Cuplikan Hasil Videonya:


So.. berdasarkan pengalaman saya ini, bisa disimpulkan kan, kalau nyiapin walimahan itu ga ribet ko, yang penting ngejalaninnya enjoy aja, toh buat acara sendiri ini, kita yang nentuin baik buruknya, dan pastinya ga usah nurutin gengsi mau yang mewah-mewah serta IKUTI APA KATA ORANGTUA, yang penting mah tujuan kita yang paling utama: akadnya berjalan dengan lancar tanpa hambatan yaa.. niatin walimah untuk mensyukuri nikmat Allah yang sudah memberikan kesempatan kita menjalankan ibadah menikah yang ladang pahala di dalam nya berlipat-lipat dibandingkan ketika single, ditambah sebagai kewajiban dalam mengumumkan pernikahan, dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain dengan memberikan hidangan untuk para tamu tanpa mengenal kaya dan miskinnya. 

Tentunya, doa yang diharapkan dari pernikahan adalah "barakallahu lakuma, wa baraka alaikuma, wa jama'a bainakuma fii khair", intinya keberkahan setelah pernikahan selalu mengiringi pengantin :)

Yuk laksanakan sunnah Rosulullah SAW! :)
Sumber: Hijab and Beard

You Might Also Like

17 comments

  1. good & romantic stories Mbak 😀
    bs jd inspirasi buat yg muda nih, walimahan yg simple tp berkesan.

    ReplyDelete
  2. Masha Allah. suka bangetttttt <3 <3 <3 Akhirnya dapet juga blog yang nulis tentang walimah syar'i. Makasih lho mba sudah menginspirasi ^^

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah mba. Postingannya membantu aku bangey!! Makasih yah mbaa

    ReplyDelete
  4. makasih mbak, jadi terinspirasi untuk nikahan nanti :)

    ReplyDelete
  5. Mau tanya, semua ini kira2 budget berapa?

    ReplyDelete
  6. haturnuhun pisan udah sharing pengalamannyaa! Seneng banget bacanyaa

    ReplyDelete
  7. Thanks infonya. Oiya, saya juga mau share info menarik nih. Temen-temen tau ga sih kalo ada cara ampuh untuk mempersiapkan biaya pernihakan? Dan ternyata bukan dengan menabung loh. Temen-temen bisa cek di sini: jangan menabung untuk persiapan menikah

    ReplyDelete
  8. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full carpet
    AC Central + 14 Standing AC
    Ceiling tinggi 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
    Area parkir luas
    Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
    Free Genset

    Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.

    Diantos Akang Teteh..

    ReplyDelete
  9. Voila! Dear brides and grooms to be, mana nih suaranya?
    Udah sampai mana persiapan buat pernikahannya? apa aja sih kendala yg kalian hadapi selama proses persiapannya? ribet dan kebingungan harus memulai dari mana?
    Yuk jangan khawatir dan dibawa pusing karena wedding consultant dari HIS Kologdam Grand Ballroom akan membantu persiapan pernikahan kalian dari mulai persiapan sampai hari H. Venue? Udah ada. Vendor? Banyak pilihannya. Punya konsep sendiri? Bisa disesuaikan kok.
    Penasaran apa aja yang kami berikan? Dari mulai catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, upacara adat, mc, wedding car, beserta wo untuk di hari H. SO??? Yuk segera konsultasikan persiapan pernikahanmu sekarang juga. Banyak promo menarik juga khusus di bulan September ini diantaranya:
    PICK 2 FOR YOU 2
    * Invitation Card by Corellia (500 undangan)
    * Wedding Ring by Vins Jewelry
    * Sushi Stall by Sushi Tei (300 pax)
    * Voucher Informa 5 Juta
    * Free Photobooth by Clei (3 Jam, Unlimited)
    * Free Honeymoon to Samaja Villa Kunti (3D2N)

    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu-HIS Kologdam (WA 081324570721)

    ReplyDelete
  10. Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho!
    Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kalian sudah dapat:
    – Fasilitas Gedung (Full karpet & AC)
    – Dekorasi
    – Catering
    – Rias & Busana
    – Entertainment
    – Photography
    – Tim WO 8 orang
    – Wedding Planner
    – Mobil Pengantin Alphard
    – MC + Buku Tamu

    BONUS: Exclusive FREE Honeymoon 3D2N ke Ayana Komodo Labuan Bajo dan FREE 200 Porsi Foodstall Millenial (Hongtang, Sushi Tei, Yoshinoya, dll) dan masih banyak bonus menarik lainnya juga lho!

    Untuk lebih lanjut kamu bisa hubungi: INES 085887972972 sebagai Wedding Public Relation kamu 🙂

    ReplyDelete
  11. Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho!
    Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kalian sudah dapat:
    – Fasilitas Gedung (Full karpet & AC)
    – Dekorasi
    – Catering
    – Rias & Busana
    – Entertainment
    – Photography
    – Tim WO 8 orang
    – Wedding Planner
    – Mobil Pengantin Alphard
    – MC + Buku Tamu

    BONUS:
    - Pick Your Bonus 1 : - Undangan dan Souvenir 300pcs @ 7.000, -Penginapan di RA Premiere Simatupang, - Voucher Baju Akad
    - Pick Your Bonus 2 : - Foodstall Millenial HONG TANG 200 porsi, -Screen & Photoboth, -Penginapan di RA Premiere Simatupang
    Untuk lebih lanjut kamu bisa hubungi: DWI 0857-1837-2283 Wedding Public Relation

    ReplyDelete
  12. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    ReplyDelete
  13. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya juga..

    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe ;)

    ReplyDelete
  14. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luaaaass bangett, udah gitu gak perlu ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho.. 

    Kemarin acara aku di arrange sama Wedding Public Relation & Wedding Planner yang kooperatif bgt.. Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak Wedding PR yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hihihi

    ReplyDelete
  15. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  16. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  17. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete